Sabtu, 02 November 2013

Kesuksesan Adalah Tahapan Keberhasilan


kesuksesanOrang sukses adalah orang yang telah berhasil melewati tahapan tertentu yang merupakan buah yang dapat dipetik yang merupakan hasil dari suatu proses yang telah dilalui seseorang dengan disertai keuletan, ketekunan, dan  pengorbanan waktu, tenaga,maupun biaya.
Seseorang dalam menempuh suatu keinginan atau cita-cita tertentu, maka untuk mewujudkannya memerlukan waktu dan proses. Keberhasilan atau kegagalan dalam menjalankan proses sangat ditentukan oleh kegigihan, semangat, motivasi, biaya yang diperlukan. Waktu yang diperlukan untuk menempuh suatu tahapan keberhasilan tergantung dari besar kecilnya keinginan dan cita-cita yang ingin dicapai.
Sukses yang diraih dalam suatu tahapan tertentu bukanlah tujuan akhir, melainkan merupakan awal dari suatu keberhasilan. Keberhasilan awal merupakan dasar dan sebagai modal awal yang dapat dijadikan untuk mengapai tahapan sukses yang lebih besar. Apa yang telah dicapai sebelumnya harus dipertahankan jika ingin berhasil dalam tahapan yang lebih besar.
Kesuksesan dibidang apa saja pada prinsipnya sama saja, misalnya sukses dalam menempuh tahapan pendidikan, sukses dalam menangani suatu permasalahan perusahaan/bisnis, sukses dalam karir jabatan tertentu pada perusahaan atau pada salah satu instansi pemerintah, sukses membangun bisnis/usaha baik usaha kecil/besar. Kesemuanya memerlukan proses yang waktunya bisa panjang atau bisa pendek tergantung dari besar kecilnya keinginan yang ingin dicapai.
Dalam menempuh suatu keinginan tidak selalu berjalan mulus, bisa sukses atau bahkan gagal. Sebagai contoh : seorang mahasiswa  tingkat 1 pada sebuah perguruan tinggi favorit, bercita-cita ingin menyandang gelar sarjana tertentu dengan IPK diatas 3 yang menjadi ,tetapi ternyata pada akhir semster 2 IPK nya jeblok hanya mendapatkan IPK di bawah 2.5, walaupun yang bersangkutan telah berusaha keras. Tetapi, karena mahasiswa tersebut memiliki kemauan dan semangat yang tinggi, dia tidak putus asa.. dia “belajar dari kegagalan”, sehingga pada akhir semester 4 IPKnya  naik tajam mendekati angka 3. Seperti itulah kira-kira ciri-ciri orang yang bakal menjadi orang sukses.
Kesuksesan bukan akhir dari suatu keinginan, tetapi merupakan awal dari suatu keberhasilan dan dapat dijadikan bekal dan modal dasar dan pengalaman untuk menggapai keinginan yang lebih besar. Kegagalan bukan harga mati, bahkan ada yang mengatakan bahwa kegagalan merupakan keberhasilan yang masih tertunda. Kegagalan bisa bangkit dan berubah menjadi kesuksesan,keberhasilan manakala yang mengalami kegagalan tersebut dapat mengambil pelajaran yang berharga dibalik kegagalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar