Rabu, 06 November 2013

slogan

Speedy, Speed That You Can Trust Bukan Hanya Bahasa Indah
Marketing Tetapi Kenyataan

Internet Speedy dari PT Telkom mungkin sudah sering kita dengar. Akhir-akhir ini iklan Speedy juga sering muncul di TV dengan bintang iklannya Carissa Putri, artis pemeran AAC (Ayat-Ayat Cinta). Slogan yang ditonjolkan dalam iklan itu “Speedy, Speed that You Can Trust” mengisyaratkan bahwa hanya Speedy yang dapat dipercaya pelanggan akan kemampuan pelayanannya. Iklan itu dimulai ketika ada seorang laki-laki yang memesan taksi ke airport. Seolah-olah si sopir itu paham keinginan si laki-kali, dengan cepat ia menghidupkan mesin taksi dan tancap gas. Dengan kecepatan tinggi di lalu lintas yang ramai, si sopir menjalankan taxi dengan zig zag, jika dipikir hal itu sangat membahayakan si penumpang, sopir dan pengguna jalan lainnya. Apalagi di jalan yang lurus, si sopir menggunakan NOS yang tentu saja mobil sangat sulit dikendalikan. Kecepatan taxi memang tidak diragukan lagi tetapi ehh ketika sampai tujuan, bukan main ekspresi kaget si laki-laki, ternyata ia diantarkan ke stasiun Jakarta kota bukan airport.
Tulisan ini ingin meng-comment-i Speedy dari segi iklan dan keadaan dilapangan serta menganalisa dari sudut pandang kualitas jasa (Service Quality/ ServQual). Mungkin kalo kita sering baca buku-buku jasa, kita akan menemukan sebuah model dari ahli ServQual, Parasuraman. Dari model ini sebuah jasa dinilai dari 5 dimensi yaitu : Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Reliabilitas), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati).
Bukti fisik adalah kumpulan atribut yang melekat pada jasa/ Speedy dimana atribut-atribut tersebut mendukung kualitas tinggi dari Speedy. Coba kita lihat apa saja yang mendukung akses internet cepat dan berkualitas. Jaringan telepon yang digunakan Speedy sebagai media transmisi sudah tentu terluas se Indonesia. Speedy memang menggunakan jaringan telepon rumah yang mengaplikasikan teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) yang memungkinkan terjadinya komunikasi data, voice dan video secara bersamaan. Berbeda dengan akses internet lain yang menggunakan kabel telepon, Speedy memang dapat digunakan tanpa harus memutus akses telepon. Dengan kecepatan akses 128 KBpS upstream (upload) dan 1 MBps downstream (download), Speedy menjadi pilihan terbaik bagi pelanggan. Kemudahan jaringan ini bisa ditunjukkan dengan pelanggan yang hanya perlu menyediakan modem dan tentu saja komputer untuk bisa mengakses internet.
Reliabilitas merupakan dimensi yang menyatakan bahwa Speedy mampu memenuhi janji layanan. Ini sangat identik dengan slogan Speedy, Speed That You Can Trust. Kata-kata “Trust” mengisyaratkan bahwa Speedy mampu memenuhi janji layanan. Dari segi kecepatan akses, Speedy dijamin dapat memenuhi janji dan memanjakan pelanggan dengan kecepatan dan pelayanan service yang berkualitas.
Iklan Speedy menunjukkan si sopir taksi kurang mempunyai daya tanggap karena penumpang yang sudah pesan untuk diantarkan airport malah diantarkan ke stasiun. Speedy bukan seperti si sopir taksi. Speedy sangat mendengarkan keinginan, keluhan, komplain pelanggan. Masalah yang timbul pun sangat cepat ditangani. Pelanggan yang mengalami masalah pada Speedy bisa langsung telepon ke 147. Coba bayangkan jika kita menggunakan provider internet lain selain Speedy, pasti masalah kita tidak segera ditangani. Apa ada jaringan service seluas Telkom Speedy? Teknisi Speedy tersebar di berbagai kantor Telkom samapai tingkat kecamatan. Hal ini yang tidak dapat diberikan provider internet lain kepada pelanggannya.
Jaminan yang diberikan Speedy juga nyata, selain kesiapan para teknisi untuk memasang dengan cepat (3 hari setelah transaksi selesai) juga kesiapan mereka dalam menangani masalah. Berdasarkan data yang terkumpul di Telkom, keterlambatan pemasangan ini sebagian besar disebabkan karena calon pelanggan yang memang belum siap didatangi dalam waktu 3 hari setelah transaksi. Jadi bukan masalah kesiapan Telkom dalam memasang Speedy.
Empati merupakan pelayanan personal Telkom terhadap pelanggannya. Pelayanan yang baik bukan hanya terjalinnya transaksi jasa tetapi hubungan perusahaan dan pelanggan sampai tahap personal, dari hati ke hati. Hal ini selalu dilakukan Telkom dengan adanya customer care Speedy dan produk Telkom lain yang selalu siap 24 jam sehari mendengarkan keinginan dan masalah pelanggan.
Apalagi untuk memanjakan pelanggan, Telkom Speedy menyediakan berbagai paket langganan mulai dari Speedy Limited (Time Based, Personal, Profesional) dan Speedy Unlmited (Ofiice, WarNet). Dengan begitu, pelanggan bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhannya dengan pertimbangan kapasitas download dan harga.
Tidak salah jika masyarakat memilih Speedy sebagai mitra provider internet terdepan. Dengan jaringan yang luas meliputi semua jaringan telepon rumah se Indonesia, kecepatan akses super cepat sampai 1 MBpS dan ketersediaan pilihan paket Speedy serta biaya berlangganan yang relatif murah dibandingkan pesaing, Speedy mampu memberikan pelayanan yang paling memuaskan kepada pelanggannya dibandingkan provider lain. Slogan Speedy, Speed That You Can Trust bukan hanya bahasa indah pemasaran tetapi benar-benar menjadi kenyataan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar