Branding
Speedy adalah brand dari layanan internet kecepatan tinggi dari
Telkom yang berbasis pada teknologi ADSL/ADSL2+. Speedy yang berasal dari kata
Speed, diharapkan akan mampu untuk memberikan image mengenai kecepatan. Dari
penggambaran logo yang ada menunjukan bahwa kecepatan adalah image yang ingin
dimunculkan dari layanan Speedy. Namun dengan adanya informasi kecepatan up to
384 kbps, hal ini menjadi cukup ironis. Karena internet kecepatan tinggi
umumnya memiliki kecepatan up to 2 Mbps, maka image yang ingin diciptakan dari brand
Speedy menjadi kurang mengena. Apalagi dengan koneksi yang disediakan saat ini
belum merata, dalam artian pada kondisi tertentu kecepatan akses terkadang bisa
cepat, kadang bisa lambat. Kondisi ini disebabkan karena kondisi performansi
link yang tersedia juga belum sepenuhnya bisa perform.
Oleh karena itu brand Speedy harus difokuskan pada segmentasi
tertentu, dimana diharapkan akan bisa menciptakan image dari layanan tersebut.
Fokus pada segmentasi pelanggan akan membuat sasaran dari pelanggan Speedy
lebih mudah dicapai.
Salah satu segmentasi yang bisa disasar dari Speedy adalah komunitas
sekolah, dimana brand Speedy bisa menjadi salah satu image penyedia layanan
internet untuk sekolah-sekolah. Namun konten yang bisa dibawa saat ini bukan
hanya diperoleh dari internet. Hosting untuk local konten kerjasama dengan
Diknas bisa menjadi salah satu mediasi agar Speedy bisa mudah masuk ke
sekolah-sekolah. Kerjasama dalam bentuk penyediaan pembelajaran elektronik
disamping pemerataan materi pendidikan dan standarisasi kurikulum bisa dicapai
dengan adanya infrastruktur layanan Speedy.
Saat ini sudah cukup banyak konten provider yang bisa diajak kerjasama
dalam pembuatan Speedy Digital Learning, antara lain dari PT Ciptamaya Mitra
Solusi yang menawarkan materi pendidikan dari Singapura kerjasama dengan
LearnCraft yang memiliki materi pembelajaran dari Grade 1 sampai dengan Grade
12. Materi yang disampaikan sangat interaktif dengan pembagian tiap materi
selama 3 – 5 menit dengan focus materi adalah matematika, fisika dan biologi
maka setiap murid dengan mudah bisa belajar materi yang menarik bagi mereka.
Yang menarik dalam kerjasama yang ditawarkan dalam meningkatkan
branding Speedy, dari PT Ciptamaya adalah sistem leasing dari computer untuk
sekolah-sekolah sehingga setiap sekolah tidak dibebani oleh biaya pembelian
computer atau lisensi dari materi pembelajaran. Setiap sekolah akan disupply
dengan 20 komputer dengan 1 server induk dan koneksi Internet yang disediakan
oleh Speedy. Kondisi ini tentunya akan sangat menarik bagi pemasaran Speedy.
Branding Speedy juga bisa digabungkan dengan pembentukan komunitas,
seperti yang saat ini banyak menjadi trend adalah adanya hotspot café maupun
tempat nongkrong lain. Dengan kombinasi dengan produk i-vas, maka pre-paid HotSpot
dengan Speedy bisa ditawarkan sebagai value added service kepada end user.
Saat ini untuk branding Speedy, sebaiknya diarahkan untuk
pembentukan komunitas, mengingat bila dijual secara konvensional akan sulit
untuk bersaing di pasar. Dukungan komunitas akan memberikan masukan yang
positif untuk memajukan performansi Speedy sekaligus sebagai evaluator yang
aktif sekaligus marketing bagi layanan Speedy.
Dari pembahasan diatas, branding Speedy sebaiknya diarahkan pada
pengembangan komunitas (Community Development), dengan demikian Speedy akan
lebih dikenal sebagai layanan internet akses dari Telkom.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar