Sabtu, 05 Oktober 2013

STRATEGI PEMASARAN SPEEDY TELKOM 2


Branding
Speedy adalah brand dari layanan internet kecepatan tinggi dari Telkom yang berbasis pada teknologi ADSL/ADSL2+. Speedy yang berasal dari kata Speed, diharapkan akan mampu untuk memberikan image mengenai kecepatan. Dari penggambaran logo yang ada menunjukan bahwa kecepatan adalah image yang ingin dimunculkan dari layanan Speedy. Namun dengan adanya informasi kecepatan up to 384 kbps, hal ini menjadi cukup ironis. Karena internet kecepatan tinggi umumnya memiliki kecepatan up to 2 Mbps, maka image yang ingin diciptakan dari brand Speedy menjadi kurang mengena. Apalagi dengan koneksi yang disediakan saat ini belum merata, dalam artian pada kondisi tertentu kecepatan akses terkadang bisa cepat, kadang bisa lambat. Kondisi ini disebabkan karena kondisi performansi link yang tersedia juga belum sepenuhnya bisa perform.

Oleh karena itu brand Speedy harus difokuskan pada segmentasi tertentu, dimana diharapkan akan bisa menciptakan image dari layanan tersebut. Fokus pada segmentasi pelanggan akan membuat sasaran dari pelanggan Speedy lebih mudah dicapai.

Salah satu segmentasi yang bisa disasar dari Speedy adalah komunitas sekolah, dimana brand Speedy bisa menjadi salah satu image penyedia layanan internet untuk sekolah-sekolah. Namun konten yang bisa dibawa saat ini bukan hanya diperoleh dari internet. Hosting untuk local konten kerjasama dengan Diknas bisa menjadi salah satu mediasi agar Speedy bisa mudah masuk ke sekolah-sekolah. Kerjasama dalam bentuk penyediaan pembelajaran elektronik disamping pemerataan materi pendidikan dan standarisasi kurikulum bisa dicapai dengan adanya infrastruktur layanan Speedy.  Saat ini sudah cukup banyak konten provider yang bisa diajak kerjasama dalam pembuatan Speedy Digital Learning, antara lain dari PT Ciptamaya Mitra Solusi yang menawarkan materi pendidikan dari Singapura kerjasama dengan LearnCraft yang memiliki materi pembelajaran dari Grade 1 sampai dengan Grade 12. Materi yang disampaikan sangat interaktif dengan pembagian tiap materi selama 3 – 5 menit dengan focus materi adalah matematika, fisika dan biologi maka setiap murid dengan mudah bisa belajar materi yang menarik bagi mereka.

Yang menarik dalam kerjasama yang ditawarkan dalam meningkatkan branding Speedy, dari PT Ciptamaya adalah sistem leasing dari computer untuk sekolah-sekolah sehingga setiap sekolah tidak dibebani oleh biaya pembelian computer atau lisensi dari materi pembelajaran. Setiap sekolah akan disupply dengan 20 komputer dengan 1 server induk dan koneksi Internet yang disediakan oleh Speedy. Kondisi ini tentunya akan sangat menarik bagi pemasaran Speedy.

Branding Speedy juga bisa digabungkan dengan pembentukan komunitas, seperti yang saat ini banyak menjadi trend adalah adanya hotspot café maupun tempat nongkrong lain. Dengan kombinasi dengan produk i-vas, maka pre-paid HotSpot dengan Speedy bisa ditawarkan sebagai value added service kepada end user.

Saat ini untuk branding Speedy, sebaiknya diarahkan untuk pembentukan komunitas, mengingat bila dijual secara konvensional akan sulit untuk bersaing di pasar. Dukungan komunitas akan memberikan masukan yang positif untuk memajukan performansi Speedy sekaligus sebagai evaluator yang aktif sekaligus marketing bagi layanan Speedy.

Dari pembahasan diatas, branding Speedy sebaiknya diarahkan pada pengembangan komunitas (Community Development), dengan demikian Speedy akan lebih dikenal sebagai layanan internet akses dari Telkom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar