Cost
Setelah brand tercipta dan masyarakat aware terhadap layanan Speedy,
maka cost atau tariff akan menjadi parameter selanjutnya yang menentukan
kesuksesan pemasaran Speedy. Tarif atau cost Speedy ditentukan oleh beberapa
hal, yaitu masalah biaya instalasi, harga modem, abonemen dan biaya pemakaian.
Kondisi ini sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa strategi seperti penjualan
langsung, maupun penjualan tidak langsung. Penggunaan discount pada awal
pemasaran menunjukan produk atau layanan belum mature, sehingga kalau bisa
pemberian discount harga diawal peluncuran produk layanan bisa dihindari.
Agar bisa mencipta image harga yang murah dan bersaing, maka
pemberlakuan parameter dari tariff bisa ditambahkan namun pada awal pemasangan
bisa digratiskan dengan pemberlakukan paket layanan selama 6 bulan atau lebih.
Atau dengan subsidi modem Speedy, bisa lebih efektif dibandingkan dengan diskon
harga.
Satu hal yang sangat penting dari penggelaran layanan Speedy adalah
masalah billing system yang digunakan. Saat ini billing system yang ada belum
bisa flesibel dan kondisi ini tentunya akan menghambat dalam pemberlakukan
paket maupun peluncuran dari suatu value added services Speedy. Permasalahan
billing ini sebenarnya menjadi issue utama yang harus segera diatasi agar bisa
meningkatkan revenue dari layanan Speedy secara transparent dan flesible.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar